Selasa, 14 Januari 2020

Cara Menjaga Stamina Burung Cendet Peserta Lomba

Cara Menjaga Stamina Burung Cendet Peserta Lomba

Perawatan yang diberikan untuk burung Cendet mempunyai banyak tujuan. Perawatan tersebut tidak hanya untuk memperindah suara kicauannya saja. Akan tetapi burung Cendet yang dirawat dengan baik akan memiliki mental yang tidak mudah takut. Melakukan perawatan yang baik juga dapat menjaga stamina cendet agar tidak mudah lelah saat digantang ataupun berada di arena lomba.

Agar anda memiliki burung cendet yang bermental kuat untuk lomba memang tidaklah mudah. Sebab dibutuhkan upaya keras dan waktu yang tidak sebentar. Selain itu upaya agar burung Cendet mempunyai stamina yang tetap terjaga walau sering diajak ke arena lomba atau digantang mesti memperhatikan terkait pakan, menjemur, dan memandikannya.

Untuk itu pada artikel ini secara khusus menulis tentang cara agar stamina burung Cendet tidak mudah lelah. Adapun penjelasannya bisa disimak di bawah ini:


Rutin memandikan burung Cendet


Cara agar burung Cendet mempunyai stamina yang cukup atau tidak mudah lelah, apalagi saat di gantang bersama burung ocehan lainnya untuk mengikuti lomba, maka perlu diperhatikan terkait mandinya. Burung Cendet yang rutin dimandikan cenderung akan melatih mentalnya agar tidak mudah takut saat berhadapan dengan burung lain. 

Selain itu, burung pun akan merasa lebih segar dibandingkan saat sebelum mandi. Karena manfaat memandikan burung Cendet atau jenis burung ocehan lainnya dapat menghilangkan bakteri atau kutu yang bersembunyi dibalik sela bulu-bulunya. 

Memandikan burung Cendet pun bisa dengan disemprot menggunakan sprayer ataupun menaruhnya di sangkar yang ada keramba mandinya. 


Waktu yang baik untuk memandikan burung Cendet adalah pada saat pagi dan sore hari. Bahkan pada kondisi tertentu, seperti hendak memulihkan kondisi mental yang sempat ngedrop, Anda bisa memandikan burung cendet meskipun di malam hari.


perawatan burung cendet

Memberikan pakan yang mengandung protein


Cara lain agar stamina burung Cendet tidak mudah lelah bisa pula dengan memberikannya pakan yang mengandung protein. Pakan yang memiliki kandungan protein untuk disantap burung Cendet biasanya berasal dari serangga seperti jangkrik, ulat hongkong, belalang, sampai kroto. 

Menurut omkicau, Pemberian pakan berprotein ini mampu mendongkrak staminanya agar tidak mudah lelah saat burung Cendet aktif berkicau. Dengan diberikan pakan yang berprotein juga mampu mendorong burung Cendet lebih aktif berkicau dibanding hanya rutin makan voer. 

Jumlah pakan berprotein yang dimakannya tergantung dari jenisnya misalnya jangkrik bisa dimakan sekitar 4 kali dalam sekali waktu, dan saat hendak mendekati lomba jumlahnya dapat ditingkatnya menjadi 9 ekor jangkrik. Yang terpenting cobalah berikan pakan berprotein secara bervariasi agar burung Cendet tetap ingin menyantapnya.


Rajin menjemur burung cendet


Menjaga agar stamina burung Cendet tidak mudah lelah bisa juga dengan rajin melakukan penjemuran setiap hari. Burung Cendet yang rajin dijemur akan mendapatkan banyak manfaat. Salah satu manfaatnya adalah tubuh cendet akan menyerap vitamin D yang dapat menjaga bulu dan tulang agar tidak mudah rusak, mengusir tungau atau kutu yang menempel di sela bulunya, dan terutama melatih mentalnya agar tetap bersemangat berkicau. 

Waktu penjemuran yang dianjurkan bisa dilakukan pada saat pagi dan sore hari. Usahakan pula saat matahari sudah meninggi sebaiknya burung cendet jangan lagi dijemur karena bisa membuatnya dehidrasi dan merusak warna bulu-bulunya.

Itulah sedikit pembahasan mengenai bagaimana cara menjaga stamina burung Cendet peserta lomba. Bagi anda yang memelihara burung Cendet maka tak ada salahnya menerapkan apa yang ditulis dalam artikel ini. Tujuannya agar burung Cendet kesayangan Anda mempunyai mental yang kokoh dan stamina yang tidak mudah habis.
Comments


EmoticonEmoticon