Selasa, 07 Januari 2020

14 Tips Memilih Burung Merpati Balap Untuk Lomba

14 Tips Memilih Burung Merpati Balap Untuk Lomba

Tips memilih burung merpati balap untuk lomba - Anda sering mengikuti lomba merpati balap ? Memiliki burung merpati yang bisa terbang dengan cepat dan tepat sasaran merupakan syarat wajib jika anda sering mengikuti lomba ini.

Berbeda dengan lomba kicauan yang sering diadakan di berbagai gantangan. lomba merpati balap mengandalkan ketangkasan dan kecepatan burung merpati untuk terbang mencapai sasaran.

Jika anda sering ikut lomba ini dan selalu kalah, mungkin ada yang salah dengan burung merpati anda. Memilih burung merpati balap untuk lomba tidak boleh sembarangan. Anda harus mengetahui beberapa ciri-ciri burung merpati yang baik untuk lomba, sehingga peluang anda untuk memenangkan lomba tersebut terbuka lebar.

Banyak orang mengatakan burung merpati yang baik datang dari bibit atau indukan yang baik pula. Ternyata hal ini tidak semuanya benar. Keturunan bibit unggul, untuk menjadi merpati unggulan harus diimbangi dengan kondisi fisik yang baik. Nah untuk memilih burung merpati balap andalan kamu bisa melihat dari ciri - ciri berikut ini.

Hal yang harus anda perhatikan ketika memilih burung merpati balap


1. Kepala merpati


Burung merpati yang memiliki kualitas baik ditandai dengan batok kepala posisinya lebih tinggi dibandingkan dengan kepala bagian belakang. Bentuknya lonjong tidak terlalu kecil atau besar.

2. Leher merpati balap 


Pada saat memilih merpati, pastikan leher merpati tersebut tegak dan pendek atau tidak terlalu panjang. Tujuannya untuk menjaga posisi merpati yang melesat terbang agar tetap streamline. Streamline yang dimaksudkan adalah burung merpati balap dapat menjaga keseimbangannya.

3. Hidung


Ciri-ciri hidung burung merpati balap yang berkualitas adalah pangkal hidung bawah harus menjorong ke belakang. Umumnya akan tampak garis-garis sama sejajar warna merah pada seluruh hidung.

4. Mata merpati balap


Mata menjadi salah satu bagian tubuh yang cukup penting selain sayap. Pastikan burung merpati yang hendak anda ikutkan lomba memiliki mata yang bening, pupil kecil, dan berbentuk bulat. Tujuannya agar burung merpati tersebut dapat melihat betinanya dengan jarak 700 sampai dengan 1200 meter.

5. Paruh merpati balap


Burung merpati yang bagus hendaknya memiliki ukuran paruh yang kecil, tidak terlalu panjang, runcing, keras, dan sedikit melengkung ke dalam. Burung merpati yang memiliki paruh seperti ini menandakan bahwa merpati tersebut keket atau semangat mengejar betina.


6. Tulang dada


Agar bisa terbang dengan cepat, burung merpati harus memiliki bentuk tulang dada yang sedikit melengkung dan tegap. Dengan tulang dada yang melengkung akan membuat tubuh merpati menjadi fleksibel dan mengurangi hambatan udara ketika terbang.

7. Bulu Sayap


Selain memiliki tulang dada yang melengkung dan tegap. Burung merpati untuk lomba juga harus memiliki bulu sayap yang tebal, lebar, rapat, dan panjang. Biasanya bulu utama merpati balap berjumlah 10 sampai 11 helai. Perlu anda ketahui bulu sayap burung merpati ada 2 jenis, yaitu buru primer / utama dan sekunder.

8. Bulu halus


Burung merpati unggulan harus memiliki bulu halus yang mengkilap, bercahaya, licin, dan air tidak menempel pada bulunya. Apabila air mudah menempel, dapat mempengaruhi kecepatan dan ketangkasan merpati ketika terbang.

9. Postur Tubuh


Merpati balap yang bagus untuk lomba memiliki postur tubuh yang tegap dan kuat. Ukuran badan merpati harus sedang dan berisi. Berat badan burung merpati juga harus proporsional agar tetap seimbang ketika terbang.

10. Tulang supit urang


Ketika sedang berlomba, burung merpati akan terbang menuju betina dengan sangat cepat. Untuk itu, tulangsupit urang merpati jantan harus kuat agar semakin percaya diri ketika menabrakkan tubuhnya ke merpati betina.

11. Kaki merpati balap


Ketika memilih burung merpati untuk balap. Pilihlah merpati yang kakinya panjang, kering, dan mbesik. Ciri lainnya adalah kaki merpati mendorong ke belakang sejajar dengan ekor ketika burung merpati kita pegang.

12. Perut merpati balap


Merpati yang paling cocok untuk lomba memiliki perut yang selalu berisi dan lentur. Anda harus memegang bagian perut merpati untuk mengecek apakah perutnya memenuhi syarat ini.

13. Bulu Ekor


Bulu ekor burung merpati balap yang bagus berbentuk tebal, rapat, lentur, namun tetap kokoh. Bulu ekor ini memiliki peranan yang penting terhadap kemampuan terbang burung merpati. Pastikan panjang bulu ekor ketika merpati dipegang lebih panjang dari bulu sayap terbang selisihnya sekitar 2 cm.

14. Sendi Pangkal


Ciri-ciri sendi pangkal burung merpati yang bagus untuk lomba adalah berbentuk bulat dengan ukuran antara kaki kanan dan kiri sama.

Demikianlah 14 tips memilih burung merpati balap untuk lomba, semoga dengan mengetahui ciri-ciri yang disebutkan di atas dapat membantu anda untuk memilih burung merpati yang terbaik untuk mengikuti lomba. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-teman yang lain.


Comments


EmoticonEmoticon